Rumah Cantik Sederhana

Rumah Cantik dari Kayu: Ini Tips Cara Mewujudkannya

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone

Rumah dari kayu kini sedang diminati banyak orang. Bukan hanya karena kesan unik yang akan diperoleh, namun juga karena kesan alami yang akan didapat. Terlebih jika rumah kayu ini dibangun di lingkungan yang memperkuat kesan narutalnya, seperti halaman luas yang memiliki banyak pepohonan, hingga beberapa binatang seperti burung dan kupu-kupu yang dibiarkan terbang di sekitar rumah.

rumah dari kayu

Siapa saja yang melihatnya pasti akan terpesona dan tertarik ingin tinggal di dalamnya. Suasana tenang dan nyaman akan langsung terpancar bentuk rumah tersebut.

Rumah kayu seperti itu, sebenarnya juga bisa Anda miliki. Cukup mudah untuk mewujudkannya menjadi sebuah rumah idaman jika Anda mengetahui tips-tipsnya. Apa sajakah tips-tips untuk mewujudkannya? Berikut ini uraian lengkapnya:

# Tahapan Membuat Rumah Kayu Cantik

Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk bisa membuat rumah cantik dari kayu, antara lain:

1. Membeli lahan yang luas. Lahan luas ini tidak hanya digunakan untuk membangun rumah, namun juga menyediakan halaman rumah yang luas. Bahkan, sebisa mungkin, luas halaman lebih luas daripada luas bangunan.

2. Menyiapkan daftar rencana pembangunan, mulai dari luas bangunan yang akan didirikan, biaya yang dimiliki, hingga gambaran kasar rumah beserta halamannya.

3. Memperhitungkan struktur kayu yang akan digunakan sehingga diperoleh kayu yang berkualitas.

4. Menyiapkan desain rumah secara detail, termasuk bagian-bagian rumah serta detail struktur kayu yang digunakan.

5. Menghitung rencana anggaran bangunan (RAB) agar diperoleh gambaran biaya yang akan keluar dengan spesifikasi bangunan yang Anda inginkan. Dalam hal ini, jika ternyata anggaran cukup membengkak dan jauh dari budget, Anda bisa mengurangi spesifikasi tersebut. Carilah alternatif bahan lain yang mempunyai kualitas hampir sama namun harga lebih miring.

6. Proses pengadaan material bangunan secara bertahap.

7. Proses pelaksanaan pembangunan. Dalam hal ini, Anda bisa menyewa jasa kontraktor dan menyerahkan semua proses pembangunan kepada jasa tersebut berdasarkan gambar yang sudah Anda buat sebelumnya. Atau, Anda bisa juga mengawasi langsung pekerjaan pembangunan dengan hanya menyewa beberapa pekerja bangunan.

8. Melakukan pemeliharaan dan perawatan rumah. Sebenarnya, inilah hal yang paling penting dan paling sulit dilakukan. Membangun rumah cantik dan asri bukanlah pekerjaan susah. Namun, perawatan dan pemeliharaannya agar tetap tampak cantik dan asri, itulah yang sulit. Dibutuhkan ketelatenan dan kerajinan Anda.

# Syarat Membangun Rumah Kayu

Membangun rumah cantik dari kayu tidak seperti membangun rumah biasa, di mana ada lahan maka pembangunan dapat segera dilakukan. Agar tercipta sebuah rumah kayu yang cantik, kuat, dan indah ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini beberapa di antara persyaratan tersebut.

1. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Sebuah rumah kayu akan tampak sempurna jika dipadupadankan dengan lingkungan yang tepat. Selain dapat tercipta kesan natural yang diinginkan, pemilihan lingkungan yang tepat juga turut membantu keawetan dari bangunan rumah kayu itu sendiri. Hindari untuk membeli lahan di mana lingkungan sekitarnya mempunyai peluang dapat merusak bahan kayu yang digunakan pada rumah. Sebagai contoh, hindari mendirikan rumah kayu di dekat laut karena kandungan dalam air asin dapat membuat bahan kayu rusak secara permanen. Hindari juga mendirikan rumah kayu di sekitar lokasi yang mudah terbakar, seperti dekat pertamina atau padat penduduk. Sebab, begitu ada kebakaran, rumah Anda akan dengan cepat terlalap si jago merah.

2. Pemilihan Jenis Kayu yang Tepat

Agar diperoleh rumah yang kuat dan tahan lama, tentu saja bahan kayu yang digunakan haruslah yang berkualitas tinggi. Selain kuat, pilihlah kayu yang tidak mudah terserang rayap, meskipun perawatan yang dilakukan juga sudah digunakan untuk mengantisipasi hal ini. Sebagai contoh, untuk pembuatan kolom rumah, gunakan kayu jati berkualitas tinggi agar kuat. Sedangkan, untuk dinding, silakan gunakan kayu dengan tekstur lebih lembut agar sedap dipandang mata. Sebab, pada umumnya, tekstur kayu akan dibiarkan tereksplor tanpa lapisan cat agar kesan alami tetap nampak.

3. Proses Pengawetan Rumah Kayu

Proses pengawetan rumah ini sudah dilakukan sejak dimulai proses penyiapan material kayu hingga setelah pembangunan. Sebelum dibangun, material kayu yang akan digunakan perlu diproses terlebih dahulu agar mempunyai daya tahan tinggi dari berbagai gangguan, seperti cahaya matahari, hujan, hingga serangga yang dapat merusak keawetan kayu. Adapun cara pengawetannya dapat dilakukan dengan melakukan pencelupan terhadap kayu yang akan digunakan terlebih dahulu. Bisa juga Anda menggunakan teknik cat transparan sehingga tidak akan menghilangkan tekstur alami dari kayu itu sendiri. Setelah proses pembangunan, perawatan dan pengawetan juga terus dilakukan. Dalam jangka waktu tertentu, Anda bisa mengecat ulang lapisan kayu agar tampak mengkilap kembali dan mencegah serangga datang.

4. Menyiapkan Desain Eksterior dan Interior yang Mendukung

Selain kualitas kayu, desain yang diterapkan baik eksterior maupun interior juga menjadi salah satu syarat utama agar diperoleh rumah kayu yang cantik. Untuk desain eksterior, Anda bisa menerapkan rumah panggung layaknya rumah adat di luar Jawa. Atau, Anda bisa mengaplikasikan teras terbuka dengan konsep panggung di mana di tempat tersebut juga diaplikasikan meja kursi yang juga terbuat dari bahan kayu. Sementara, untuk interiornya, Anda bisa menerapkan bahan kayu di semua perabot rumah tangga. Jika perlu, padu padankan bahan kayu tersebut dengan kaca. Sebagai contoh, almari buku dari kaca, meja makan dari kayu dengan kaca sebagai alasnya, dan masih banyak lagi.

There are no comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *