Rumah Cantik Sederhana

Inilah 5 Akibat Salah Menggunakan Warna Cat Rumah dan Harus Anda Hindari

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone

warna cat dinding

Memilih warna cat rumah tidak terlalu sulit, dan juga tidak terlalu mudah, salah memilih warna cat dinding pada rumah tentu membuat beberapa efek tertentu pada rumah itu sendiri, seperti ulasan berikut ini yang akan membahas tentang 5 akibat salah menggunakan warna cat rumah.

Ulasan kali ini akan membahas tentang 5 akibat yang akan Anda dapatkan ketika salah memilih warna cat dinding rumah, serta tips bagaimana memilih cat warna rumah yang tepat.

Fakta, inilah 5 akibat salah menggunakan warna cat rumah

Ketika Anda salah memilih warna atau asal memilih warna, maka akan ada beberapa efek yang akan Anda rasakan ketika berada di dalam ruangan tersebut, antara lain:

1. Ruangan jadi terkesan sempit dan pengap

Ketika Anda salah memilih warna, maka ruangan yang ada akan terasa sempit dan pengap. Efek seperti ini akan Anda peroleh, ketika tidak memperhatikan masalah pencahayaan dalam ruangan dan ukuran luas ruangan. Sebagai contoh, jika luas sebuah ruangan kecil, namun memiliki sistem pencahayaan yang kurang baik, sebaikny Anda menggunakan warna-warna cerah, dengan demikian, suasana di dalam ruangan akan terkesan luas, dan menyenangkan.

Akan berbeda halnya jika Anda menggunakan warna abu-abu atau bahkan coklat, ini akan membuat ruangan terkesan sempit dan terasa pengap.

2. Ruangan terkesan berantakan

Hal berikutnya, yang juga akan Anda dapatkan ketika salah memilih padu padan warna cat rumah adalah ruangan yang ada jadi terkesan berantakan. Kondisi seperti ini tentunya membuat setiap penghuni yang menggunakan ruangan tersebut jadi tidak nyaman.

Contohnya jika Anda salah menggunakan warna cat dinding untuk kamar, maka suasana kamar akan terasa kurang nyaman untuk ditinggali. Demikian pula ketika Anda kurang tepat memadukan beberapa macam warna untuk ruang keluarga, selain akan sulit memadukan aneka furniture yang ada, juga membuat suasana ruang keluarga jadi kurang nyaman untuk seluruh penhuni rumah untuk tinggal di ruangan tersebut.

3. Ruangan jadi terkesan kusam dan membosankan

Memilih warna yang sama untuk setiap warna ruangan juga membuat ruangan jadi terkesan membosankan. Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan banyak orang ketika memilih warna cara dinding untuk rumah adalah memilih 1 macam warna dan digunakan untuk seluruh bagian rumah.

Salah satu warna yang paling sering digunakan adalah warna putih. Memang benar warna putih termasuk warna netral, dapat digunakan untuk berbagai ruangan dan dapat dipadukan dengan aneka furniture. Namun efek yang akan Anda terima ketika menggunakan warna ini untuk seluruh ruangan adalah seluruh ruangan jadi terasa membosankan.

Kesalahan lain yang dapat terjadi adalah salah memilih cat tembok luar rumah, ini yang akan membuat rumah jadi terkesan kusam, terutama ketika Anda menggunakan cat warna abu-abu tua. Tidak masalah jika Anda menggunakan warna cat abu-abu tua, namun yang harus Anda perhatikan adalah padu padankan warna tersebut dengan beberapa warna lainnya, agar rumah terkesan nyaman untuk dihuni dan di datangi.

4. Tidak terciptanya sinergi yang baik

Salah memilih cat warna di dalam ruangan maupun di luar ruangan juga akan membuat sinergi yang kurang baik untuk alam sekitar, dan secara tidak langsung hal ini akan berpengaruh terhadap emosi bagi setiap penghuni rumah atau orang yang melihat rumah tersebut.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan dan memadupadankan warna yang tepat, untuk setiap ruangan, dan untuk warna cat dinding di luar ruangan. Khusus untuk cat dinding di laur ruangan, sebaiknya perhatikan warna cat dinding di sekitar rumah Anda, sebaiknya padankan warna yang ada, dengan cat dinding rumah Anda. Bukan berarti harus sama, namun senada atau tidak kontras, agar tercipta sinergi yang harmonis.

5. Cat warna yang tidak tahan lama

Salah satu kesalahan yang juga paling sering dilakukan adalah salah memilih bahan cat. Untuk menghindari mahalnya harga cat yang ada, banyak sekali orang yang memilih cat murahan.

Namun hasil yang akan didapat, tentu seimbang. Biasanya warna cat dinding seperti ini tidak tahan lama, mudah mengelupas, dan mudah hilang, terutama ketika terkena bebagai macam cuaca, seperti cuaca panas dan hujan.

Tips Memilih warna cat secara tepat

Lalu bagaimana seharusnya memilih cat warna yang tepat guna menghindari 5 akibat salah menggunakan warna cat rumah. Sebenarnya tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih cat warna dinding yang tepat, antara lain :

1. Perhatikan sistem pencahayaan sebelum memilih cat rumah

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih warna cat rumah yang tepat, ada baiknya jika Anda memperhatikan sistem pencahayaan di dalam ruangan tersebut. Semakin cerah sebuah ruangan, karena sistem pencahayaan dalam ruangan tersebut baik, maka semakin leluasa Anda dalam memilih warna yang tepat.

2. Memperhatikan fungsi ruangan

Hal berikutnya yang dapat Anda perhatikan adalah fungsi dari ruangan tersebut, ada beberapa ruangan yang hanya cocok dengan warna tertentu, sedang ruangan lainnya tidak.

3. Memperhatikan warna lantai dan dekorasi ruangan

Perhatikan juga warna lantai serta dekorasi ruangan yang akan digunakan kelak. Hal ini perlu dilakuan agar tercipta harmonisasi ruangan yang tepat, dan membuat ruangan jadi semakin nyaman untuk dihuni.

4. Mempelajari arti masing-masing cat warna rumah secara tepat

Tidak ada salahnya jika Anda mempelajari arti masing-masing cat warna rumah secara tepat. Dengan mengerti hal ini, Anda akan semakin mudah menentukan warna cat yang tepat untuk setiap ruangan.

5. Mempertimbangkan gradasi warna yang tepat

Mempertimbangkan gradasi warna yang baik, juga dapat Anda lakukan, agar suasana ruangan tampak semakin berbeda.

There are no comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *